World Health Day 2021

Hari kesehatan dunia dirayakan setiap tanggal 7 April dimulai pada tahun 1950. Pada 1948 WHO (World Health Organization) mengadakan Majelis Kesehatan Dunia Pertama untuk menetapkan 7 April sebagai “Hari Kesehatan Dunia” untuk menandai pendiri WHO dan merupakan kesempatan organisasi untuk menarik perhatian seluruh dunia terhadap subjek yang sangat penting bagi kesehatan global setiap tahun. Setiap tahunnya WHO mengadakan kampanye untuk membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat.

Hari kesehatan dunia tahun ini WHO memberi tema “Building a fairer, healthier world” yang artinya “Membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat”. Ketidakadilan dapat kita lihat dari infeksi COVID-19, dampak tidak adil COVID-19 pada beberapa orang lebih keras daripada yang lain, memperburuk ketidakadilan yang ada dalam kesehatan dan kesejahteraan di dalam dan di antara negara-negara. Di berbagai negara, penyakit dan kematian akibat COVID-19 lebih tinggi terjadi pada kelompok yang mengalami deskriminasi, kemiskinan, pengucilan sosial, dan kondisi kehidupan/pekerjaan sehari-hari yang merugikan (termasuk krisis kemanusiaan). Pandemi ini diperkirakan telah mendorong antara 199 sampai 124 juta lebih orang ke dalam kemiskinan ekstrem tahun lalu.

Ketidakadilan dalam kondisi kehidupan masyarakat, layanan kesehatan, dan akses ke kekuasaan, uang, dan sumber daya sudah lama ada. Oleh karena itu, tingkat kematian di bawah 5 tahun pada anak-anak dari rumah tangga termiskin menjadi dua kali lipat dari anak-anak dari rumah tangga terkaya. Harapan hidup bagi orang-orang di negara-negara berpenghasilan rendah menjadi 16 tahun lebih rendah daripada orang-orang di negara-negara berpenghasilan tinggi. Misalnya, 9 dari 10 kematian secara global akibat kanker serviks terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Tetapi ketika negara-negara terus memerangi pandemi, muncul kesempatan untuk membangun kembali lebih baik untuk dunia yang lebih adil dan lebih sehat dengan menerapkan komitmen, resolusi, dan perjanjian yang ada sambil membuat komitmen baru dan berani. Sangat penting bagi semua pemerintah untuk berinvestasi dalam memperkuat layanan kesehatan mereka dan menghapus hambatan yang mencegah begitu banyak orang menggunakannya, sehingga lebih banyak orang memiliki kesempatan untuk hidup sehat.

 

Daftar Pustaka

WHO. 2021. WHO urges countries to build a fairer, healthier world post-COVID-19. URL: https://www.who.int/news/item/06-04-2021-who-urges-countries-to-build-a-fairer-healthier-world-post-covid-19. Diakses pada tanggal 7 April 2021.

WHO. 2021. World Health Day 2021: Building a fairer, healthier world. URL: https://www.who.int/campaigns/world-health-day/2021. Diakses pada tanggal 7 April 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.