Hari Malaria Sedunia 2021

Hari Malaria Sedunia diperingati setiap tanggal 25 April. Peringatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap penyakit malaria serta mendukung perkembangan pemberantasan penyakit malaria. Pada tahun 2021, tema hari malaria sedunia adalah β€œReaching the Zero Malaria”. Tema ini menggambarkan semangat dunia untuk mengeliminasi malaria serta memberikan apresiasi kepada negara-negara yang telah bekerja dengan baik untuk mencapai target zero malaria.

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasite dari genus Plasmodium spp. Parasit tersebut dapat menyerang manusia dengan bantuan nyamuk Anopheles betina yang biasa disebut sebagai vektor malaria. Terdapat beberapa spesies parasit ini yang dapat menginfeksi manusia, yang merupakan ancaman terbesar adalah Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax. Malaria adalah panyakit demam akut. Ketika terinfeksi, gejala biasanya akan muncul 10-15 hari setelah gigitan nyamuk. Gejala awal yang dirasakan adalah demam, sakit kepala, hingga panas dingin yang terkesan sebagai gejala ringan. Namun, jika tidak diobati dalam jangka waktu 24 jam, malaria (dari spesies falciparum) dapat berkembang menjadi penyakit parah yang mematikan.

Populasi yang berisiko terkena penyakit malaria berasal dari wilayah Sub-Sahara Afrika, Asia Tenggara, Eastern Mediterranean, Pasifik Barat, dan beberapa negara di benua Amerika. Kelompok yang rentan untuk terkena malaria yang parah adalah bayi, anak di bawah 5 tahun, wanita hamil, penderita HIV/AIDS, imigran yang lemah daya tahan tubuhnya, serta travellers.

Cara pencegahan penyebaran penyakit malaria yang utama dan ampuh adalah pengendalian vektor. Jika terdapat daerah atau negara yang merupakan habitat nyamuk Anopheles, dapat diterapkan intervensi kontrol vektor agar penyebaran dapat dikurangi atau bahkan dihentikan. Terdapat dua cara pengendalian vektor yang dinilai efektif, yaitu menggunakan jaring nyamuk yang diberi insektisida serta penyemprotan dengan insektisida tersebut. Masyarakat juga dapat menerapkan 3M: Menguras, Menutup, Mendaur ulang agar tercipta ingkungan bebas nyamuk yang merupakan vektor penyakit malaria.

Referensi:

India Today. (2021). World Malaria Day 2021: Date, Theme, History, and All You Need to Know. < https://www.indiatoday.in/information/story/world-malaria-day-2021-date-theme-history-and-all-you-need-to-know-1794777-2021-04-25 > [25 April 2021]

World Health Organization. (2021). Malaria. < https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/malaria > [25 April 2021]

Leave a Reply

Your email address will not be published.