Hari Perawat Internasional 2021

Hari Perawat Internasional diperingati setiap tanggal 12 Mei tiap tahunnya. Peringatan Hari Perawat Internasional ini digagas oleh International Council of Nurse (ICN) yang merupakan Dewan Perawat Internasional yang telah berdiri sejak tahun 1965. Hari Perawat Internasional tidak lepas dari peran Florence Nightingale (Firenze, Italia, 12 Mei 1820-13 Agustus 1910) yang merupakan pelopor perawat modern. Karena itu, hari perawat sedunia diperingati setiap tanggal 12 Mei. Florence Nightingale dikenal dengan nama β€œThe Lady With The Lamp”.

Hari Perawat Internasional ditujukan untuk memberi suatu kesempatan memperingati para perawat di dunia dan kontribusinya terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Para perawat memegang peran penting, basis dalam perkembangan kondisi fisik setiap pasien, sehingga mempengaruhi populasi dan sistem kesehatan. Perawat merupakan pekerjaan yang menanamkan kepedulian tentang kesehatan. Seorang perawat juga harus mampu membentuk hubungan yang baik dengan pasien maupun tim kesehatan lainnya. Saat bekerja tak jarang, para perawat mendapat tantangan fisik maupun mental. Namun hal tersebut menjadi hal yang mengasyikkan bagi mereka karena dapat membuat perubahan dalam kehidupan orang lain. Terdapat banyak elemen dan keterampilan yang berbeda dalam diri seorang perawat yang pastinya tidak cukup waktu semalam untuk mengenbangkannya. Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan keterampilan tersebut hingga menjadi sempurna.

Hari Perawat Internasional tahun 2021 mengusung tema a Voice to Lead yang berarti suara untuk memimpin dengan subtema untuk tahun 2021 adalah a Vision for Future Healthcare yang berarti visi untuk kesehatan masa depan. Tema ini berhubungan dengan pandemi Covid-19 yang telah menunjukkan peran penting seorang perawat dalam menjaga kesehatan seseorang kepada dunia. Tema ini juga memberitahukan bahwa sebagai perawat perlu menjadi pendukung pasien dan menyampaikan keinginan mereka kepada tim multidisiplin. Para pasien juga perlu bekerja sama untuk memimpin perawatan yang lebih berpusat kepada pasien. Setiap tahun, International Council of Nurse telah memproduksi banyak informasi pada publik untuk mendukung perawat. Informasi tersebut termasuk laporan, studi kasus, poster, video, wawancara, serta spanduk dan logo media sosial.

Referensi

International Council of Nurses announces International Nurses Day theme for 2021. 2020. [online] Available at: <https://www.icn.ch/news/international-council-nurses-announces-international-nurses-day-theme-2021> [Accessed 11 May 2021].

Royal Victorian Eye and Ear Hospital. 2021. International Nurses Day 2021. [online] Available at: <https://www.eyeandear.org.au/page/News_and_Events/Latest_News/International_Nurses_Day_2021/> [Accessed 11 May 2021].

Royal Victorian Eye and Ear Hospital. 2021. International Nurses Day 2021. [online] Available at: <https://www.eyeandear.org.au/page/News_and_Events/Latest_News/International_Nurses_Day_2021/> [Accessed 11 May 2021].

Leave a Reply

Your email address will not be published.