World Sickle Cell Day 2021

Hari Sel Bulan Sabit Sedunia secara resmi ditetapkan tanggal 19 Juni. Penyakit sel sabit (SCD) adalah kelainan darah yang diwariskan yang menyebabkan sel darah merah berbentuk “sabit”, sel tersebut menghalangi aliran darah dan oksigen mencapai semua bagian tubuh. Orang dengan SCD dapat mengalami rasa sakit, anemia, infeksi, dan masalah kesehatan serius lainnya (juga dikenal sebagai komplikasi) yang mungkin memerlukan perawatan oleh penyedia layanan kesehatan. Ketika masalah kesehatan, seperti nyeri serius (juga dikenal sebagai krisis nyeri), tidak dapat dikelola di rumah atau kunjungan ke penyedia layanan kesehatan tidak memungkinkan, anak-anak dan orang dewasa dengan SCD sering memerlukan perawatan di departemen gawat darurat rumah sakit (ED) atau klinik untuk perawatan.

Sel Sabit berkaitan dengan anemia yang diakibatkan oleh kekurangan sel darah normal karena sebagian darah pasien berbentuk sabit, sehingga mengganggu pengangkatan oksigen. Anemia sel sabit sangat berhubungan dengan Hydroxyurea yang merupakan pengobatan terbaik dalam dunia media untuk mencegah komplikasi. Obat tersebut dikembangakan sebagai obat kemoterapi pada sekitar tahun 1960. Awalnya digunakan untuk berbagai kondisi ganas, tetapi sekarang telah digunakan pada penyakit sel sabit selama lebih dari 25 tahun. Hydroxyurea adalah satu-satunya obat yang disetujui FDA (Food and Drug Administration) untuk mengobati anemia sel sabit.

Pada anemia sel sabit, Hydroxyurea membantu tubuh memproduksi lebih banyak hemoglobin janin (Hb F). Ini adalah hemoglobin yang ditemukan pada bayi baru lahir. Bayi baru lahir dengan penyakit sel sabit tidak mengalami komplikasi dalam beberapa bulan pertama kehidupan karena hemoglobin janin mencegah sel darah merah dari sabit. Peningkatan hemoglobin janin ini membantu menjaga sel darah merah pasien tetap bulat, bukan sabit. Sel darah merah bulat ini mampu mengalir melalui pembuluh darah dengan lancar.

Sebagai calon tenaga medis, kita perlu membantu meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya melakukan tindakan kuratif terhadap fenomena sel sabit. Hal berikut ini dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran publik:
1. Pengumuman promosi yang dapat Anda sertakan dalam buletin, publikasi, email, atau halaman web;
2. Postingan media sosial yang dapat Anda kirim dari pribadi organisasi Anda; dan
3. Tautan ke video “Sickle Cell Has Many Faces”, sumber daya utama, dan materi untuk Anda bagikan dengan orang lain.

Daftar Pustaka
CCINC. 2021. Anemia Sel Sabit dan Hodroksiurea. URL: https://id.cc-inc.org/sickle-cell-anemia-and-hydroxyurea-401303-8470. Tanggal akses: 17 Juni 2021.

Centers for Disease Control and Prevention. 2021. Use New Resource Toolkit to Spread Awareness About the Many Faces of Sickle Cell Disease. Sicle Cell Disease (SCD). URL: https://www.cdc.gov/ncbddd/sicklecell/features/world-sickle-cell-day.html. Tanggal akses: 17 Juni 2021.

Sickle Cell Disease Association of America. 2021. World Sickle Cell Day – Save The Date. URL: https://www.sicklecelldisease.org/get-involved/events/world-sickle-cell-day-save-the-date/. Tanggal akses: 17 Juni 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.